Senin, 24 Juli 2023

Pakaian Tradisional Kroasia dan Seluk Beluknya

 Pakaian Tradisional Kroasia dan Seluk Beluknya



*Pemahaman Awal


Kostum nasional Kroasia , juga disebut pakaian tradisional Kroasia atau pakaian Kroasia ( Kroasia : hrvatska narodna nošnja , jamak: hrvatske narodne nošnje ), mengacu pada pakaian tradisional yang dikenakan oleh orang Kroasia yang tinggal di Kroasia , Bosnia dan Herzegovina , Serbia , dengan komunitas yang lebih kecil di Hongaria , Austria , Montenegro , dan Rumania . 


Sejak hari ini orang Kroasia memakai pakaian gaya Barat sehari-hari, kostum nasionalpaling sering dipakai sehubungan dengan acara dan perayaan khusus, kebanyakan di festival etnis, hari raya keagamaan, pernikahan, dan oleh kelompok penari yang menari kolo Kroasia tradisional , atau tarian lingkaran.



Setiap wilayah budaya dan geografis memiliki ragam kostumnya sendiri yang bervariasi dalam gaya, bahan, warna, bentuk, dan bentuk. 



Sebagian besar kostum daerah ini dipengaruhi oleh kehadiran Kekaisaran Austria , Hongaria , Jerman , Italia , atau Ottoman , karena kekuatan mana pun yang menguasai wilayah tersebut. 



*Pakaian Utama


Untuk busana wanita terdiri dari gaun atau blus putih polos ( košulja ) atau rok dalam ( skutići ), yang biasanya menjadi bentuk dasar kostum. Kemudian ditambahkan dengan pakaian dan hiasan lainnya, yang dapat berupa baju atau rok lain ( kotula ), jaket hias ( djaketa , paletun atau koret ), celemek ( ogrnjač atau pregjača ), selendang ( ubrsac ), selendang atau selendang yang biasanya dihiasi dengan motif bunga atau binatang. Sulamannya sangat rumit dan biasanya berwarna merah, putih, biru, emas, atau hitam. 


Perhiasannya, mulai dari kalung, anting, gelang, dan cincin bisa terdiri dariemas , perak , manik-manik, mutiara , atau bahkan kandang dari Laut Adriatik . Rambut dijalin menjadi satu atau dua kepang dan dihias dengan pita merah untuk anak perempuan atau perempuan yang belum menikah, sedangkan perempuan yang sudah menikah memakai ikat kepala tenun atau sutra.


 Kostum pengantin wanita terdiri dari mahkota atau karangan bunga yang sering terbuat dari bunga ( vijenac ) dan perhiasan dalam jumlah besar. Kepala wanita bisa dihiasi dengan kerudung, peci, atau hiasan kepala, yang paling terkenal adalah hiasan kepala yang dikenakan oleh para wanita dari pulau Pag . 

 

Jumlah perlengkapan yang dikenakan seorang wanita, baik sangat banyak atau jarang, tergantung pada daerahnya. Melengkapi kostum adalah stoking ( bječve) atau kaus kaki setinggi lutut, dan sepatu boots atau sejenis sendal khusus yang disebut opanci . 



Untuk laki-laki, pakaian nasional biasanya terdiri dari celana panjang longgar dan lebar (gaće / širkoke) dan kemeja, dan keduanya biasanya berwarna hitam atau putih, atau keduanya. Pria itu mungkin mengenakan rompi dekoratif atau polos ( fermen atau jačerma ), di atas kemejanya, dan mungkin rompi . 


Pria itu hampir selalu memakai topi, bentuk dan desainnya bervariasi tergantung daerahnya. Topi yang paling terkenal mungkin adalah topi Lika , yang dipakai di wilayah Lika selama berabad-abad oleh masyarakat. Alas kaki, seperti halnya wanita, sebagian besar terdiri dari sepatu bot dan sandal. Karena cuaca, tempat-tempat tertentu sering memiliki rompi wol, jubah, mantel, atau bulu untuk daerah yang lebih dingin, dan sutra serta linen tipis untuk iklim yang lebih hangat. 

____

Cat :

Wikipedia 



PopCash.net PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork PopCash.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar