Rabu, 19 Juli 2023

Topi Mexico : Sombrero de charro

  Sekilas Info Topi Mexico : Sombrero de charro



Sombrero ( bahasa Spanyol untuk 'topi', menyala. 'pembayang'; bahasa Spanyol:  [somˈbɾeɾo] ) adalah sejenis topi pria Meksiko bertepi lebar yang digunakan untuk melindungi wajah dan mata dari sinar matahari. 

Biasanya memiliki mahkota runcing tinggi, pinggiran ekstra lebar (cukup lebar untuk membuat bayangan di atas kepala, leher, dan bahu pemakainya) yang sedikit terbalik di tepinya, dan tali dagu untuk menahannya di tempatnya. 


Di Meksiko, jenis topi ini dikenal sebagai sombrero de charro  (" topi charro ", mengacu pada penunggang kuda tradisional Meksiko). Dalam bahasa Spanyol, topi bertepi lebar apa pun dapat dianggap sebagai sombrero. 





Sombrero, seperti topi koboi , dirancang sebagai respons terhadap tuntutan lingkungan fisik. 


Konsep topi bertepi lebar yang dikenakan oleh penunggang kuda dapat dilihat sejak penunggang kuda Mongolia abad ke-13. 


 Di iklim yang panas dan cerah, topi sering kali memiliki pinggiran yang lebar. Asal pasti sombrero Meksiko tidak diketahui, tetapi biasanya diterima bahwa topi itu berasal dari koboi Mestizo di Meksiko Tengah. 

 

 Meskipun sombrero biasanya mengacu pada penutup kepala tradisional Meksiko, istilah sombrero sudah ada sebelum item pakaian ini, dan telah diterapkan pada beberapa gaya topi yang berbeda. 

 

Jenis topi lainnya dikenal dengan namasombrero dapat ditemukan di Amerika Selatan dan Spanyol, termasuk sombrero calañés , sombrero cordobés dan sombrero de catite (Spanyol), sombrero vueltiao (Kolombia).

____

Cat : Wikipedia 




PopCash.net PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork PopCash.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar