Kamis, 21 September 2023

Jenis-jenis Karpet

 Jenis-jenis Karpet 




*Pemahaman Awal




Ternyata penggunaan karpet di rumah bisa membuat penampilan yang berbeda lho! Selain menambah estetika pada tampilan rumah, karpet juga bisa digunakan bagi kamu yang tidak ingin lantai menjadi cepat rusak atau kotor.


Sayangnya, tidak semua jenis karpet dibuat dari material yang baik untuk membuat nyaman penggunanya. Bagi kamu yang sedang berburu karpet untuk di rumah, yuk simak jenis-jenis karpet serta bahan karpet lantai yang bagus dan cocok untuk digunakan di rumah!





*Jenis-jenis Karpet 





*Karpet Polypropylene


Karpet yang satu ini telah banyak diproduksi dan digunakan pada rumah-rumah. Karpet polypropylene ini dibuat dari bahan karpet lantai serat sintetis (buatan). Meski terbuat dari serat sintetis, namun penggunaan karpet ini cukup memberikan kenyamanan. Selain itu, karpet ini juga sangat mudah dibersihkan. 


Tidak hanya itu, kelebihan lain dari karpet lantai ini juga dijual dengan harga yang relatif murah sehingga menjadi favorit banyak orang. Namun karpet ini memiliki kekurangan, yaitu warna karpet yang mudah pudar seiring berjalannya waktu.




*Karpet Nilon




Salah satu bahan karpet lantai yang saat ini lazim diproduksi adalah nilon. Jenis karpet ini memiliki daya tahan yang cukup kuat sehingga membuatnya cukup awet. Karpet ini juga memiliki berat yang ringan sehingga sangat mudah untuk dipindah-pindahkan. 


Selain itu, harganya juga relatif murah sehingga mudah dijangkau. Karpet berbahan nilon ini juga tersedia dalam berbagai motif dan warna sehingga kamu tidak perlu takut jika karpet ini akan membuat ruangan di rumah terasa monton.



*Karpet Katun




Jika berbicara mengenai jenis-jenis karpet, bahan karpet lantai yang satu ini memang telah digunakan sejak dulu. Katun memang merupakan karpet yang tersedia dalam berbagai motif dan ukuran namun dijual dengan harga yangs angat terjangkau. 


Sayangnya, bahan karpet lantai ini memiliki daya tahan yang tidak lama, sehingga sebaiknya penggunaan karpet katun ini digunakan pada spot-spot ruangan yang tidak memiliki lalu lintas tinggi untuk memperlambat kerusakan yang dapat terjadi pada karpet.


*Karpet Wol




Wol memang terkenal akan permukaannya yang sangat halus. Tidak jarang wol digunakan sebagai material baju atau bahkan karpet lantai. Karpet ini memiliki daya tahan yang sangat tinggi dan tahan terhadap noda maupun air. 


Tidak hanya itu, permukaannya yang halus membuat karpet ini menjadi karpet yang sangat nyaman. Bahkan jika dirawat secara berkala dan perawatannya tepat, karpet wol ini bisa awet hingga bertahun-tahun. Sayangnya karpet wol ini memiliki harga yang cukup mahal jika dibandingkan dengan karpet lainnya.


*Karpet Vinyl




Berbeda dengan bahan karpet lainnya, karpet vinyl ini sangat lentur sehingga sangat nyaman untuk diinjak. Ketebalan karpet ini juga beragam mulai dari 0,5-2,2 mm yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan kamu. 


Umumnya karpet vinyl ini digunakan untuk melapisi seluruh permukaan lantai untuk memberikan tampilan yang berbeda pada lantai. Karpet ini tersedia dalam berbagai ukuran dan motif mulai dari motif kayu, batu alam atau bahkan motif lainnya yang bisa membuat lantai kamu sangat unik.


*Karpet Sutra




Karpet yang satu ini memang sangat berbeda jika dibandingkan dengan karpet lantai lainnya. Karpet sutra adalah karpet yang terbuat dari sutra. Karpet ini memang jarang digunakan di rumah-rumah karena harganya yang sangat mahal. Namun untuk kualitasnya tentu tidak perlu diragukan lagi. 


Penggunaan karpet lantai yang satu ini bisa membuat tampilan rumah kamu menjadi mewah dan elegan. Selain itu karpet sutra ini juga tersedia dalam berbagai motif, warna dan ukuran yang mana membuat tampilan rumah menjadi lebih fresh dan tidak monoton.


*Karpet Kulit Hewan




Material karpet yang satu ini memang telah populer sejak lama. Bahan karpet lantai yang terbuat dari kulit hewan, memang benar-benar dibuat dari kulit hewan yang dibersihkan dan dikeringkan. 


Berbeda dengan karpet lainnya, karpet kulit hewan ini memiliki daya tahan yang sangat kuat dan tersedia dalam berbagai bentuk yang menarik. Namun jika Pins ingin menggunakan karpet ini di rumah, maka tempatkan karpet ini di tempat yang kering agar karpet tidak mudah rusak.




*Karpet Sisal




Karpet sisal adalah karpet lantai yang terbuat dari tanaman yang mana memiliki daya tahan yang cukup tinggi. Namun karpet ini memiliki tekstur yang cukup kasar pada permukaannya, sehingga mungkin akan membuat penggunanya sedikit tidak nyaman. 


Namun Pins bisa menggunakan karpet yang satu ini untuk lantai dengan permukaan licin sehingga dapat menurunkan risiko terpeleset.


*Karpet Permadani



Karpet permadani biasanya dibuat dari bahan serat sintetis seperti polypropylene, niloi, atau wol. Karpet ini identik dengan coraknya yang indah dan megah sehingga seringkali dianggap memiliki harga yang mahal. Menggunakan karpet ini dapat menghangatkan kaki dan memperindah ruangan kamu lho, Pins!


*Karpet Bulu Rafsur



Dirancang untuk mengakomodasi kegiatan bersantai, karpet bulu rafsur memiliki tekstur yang mirip dengan bahan dasar untuk boneka. Pada bagian dalamnya, karpet ini dilengkapi dengan busa sehingga akan terasa lembut dan nyaman.



Itulah daftar jenis karpet lantai yang bisa menjadi pilihan Pins di rumah. Semoga dengan ulasan di atas dapat membuat kamu semakin mengenal jenis-jenis karpet dan memilih karpet yang tepat sesuai dengan kebutuhan kamu di rumah.

____

Cat :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar