Minggu, 17 September 2023

Sekilas info Kostum Chiapas Mexico

  Sekilas info Kostum Chiapas Mexico



Kostum Chiapas merupakan pakaian tradisional yang berasal dari kota Chiapa de Corzo . Biasanya digambarkan sebagai kostum khas Chiapas , padahal di negara bagian Meksiko ini terdapat banyak sekali variasi pakaian tradisional. 


Setelannya terdiri dari blus satin dengan garis leher setengah lingkaran, memiliki lipatan tulle dengan sulaman bunga petatillo dengan benang sutra dan kerajinan berwarna. 



Roknya juga berbahan satin yang panjang dan sangat lebar, bahkan hingga saat ini masih dipandang oleh dunia fashion sebagai salah satu karya internasional karena keindahan dan penampilannya.



Kostum Chiapas, sebuah istilah yang diciptakan sejak masa Penaklukan Spanyol , telah dimodifikasi bentuk dan warnanya, dimulai pada tahun 1940-an dengan satu warna monokromatik, dan beralih ke berbagai corak pada tahun 1970-an. 


 Kostum pada saat itu waktu (gaun tertua tahun 1914), terdiri dari gaun hitam putih tanpa terbang (petatillo dengan bunga berwarna-warni), selain menggunakan petatillo polos tanpa lipatan (strip petatillo berukuran panjang dua meter dan berada di bawah rok) : sudah menjadi kebiasaan setiap wanita untuk membuat pakaiannya sendiri, kebanyakan wanita tahu cara menyulam.


Selama masa Koloni (1522), impor bahan-bahan Eropa digunakan oleh perempuan untuk menghiasi kostum mereka: renda bernuansa (berwarna) dan renda Spanyol (penerbangan): Sulit bagi suku Chiapa untuk membeli renda, itulah sebabnya mereka tidak memiliki suar. 



Tulle (kain rajutan) adalah alat yang digunakan masyarakat Chiapas untuk menghiasi pakaian mereka: Mereka membuat bunga yang sangat kecil, panjang satu sentimeter, tanpa pola untuk disulam; Tahun-tahun berlalu dan model mawar menjadi. Pada tahun 1930-an sampel dibuat, gambarnya dijiplak dan diperbesar.


Di zaman sekarang, kostum Chiapaneca merupakan bagian dari pakaian cerita rakyat Meksiko, sebagai pakaian penari tarian tradisional Chiapas tengah. Selain itu, ini adalah salah satu elemen paling khas dari Fiesta Grande de Chiapa de Corzo , di mana wanita mengenakan kostum ini dan berpartisipasi dalam berbagai acara festival ini bersama parachicos dan chuntá .

___

Cat : Wikipedia 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar