Minggu, 01 Oktober 2023

Seputar Sulaman atau Bordir Dimensi Brasil

 Seputar Sulaman atau Bordir Dimensi Brasil

 


Sulaman Brasil adalah jenis sulaman permukaan yang menggunakan rayon sebagai lawan dari kapas atau wol. Disebut “Brasil” karena penggunaan benang rayon berkilau tinggi dalam bordir pertama kali populer di Brasil, tempat rayon diproduksi secara luas.



Pola bordir Brasil biasanya menampilkan bunga yang dibentuk dengan menggunakan simpul dan jahitan. Berkat kehalusannya, benang rayon memudahkan pengrajin untuk menarik jarum melalui jahitan yang dibungkus, misalnya jahitan batangan.



Dengan poros lurus dan mata tidak lebih lebar dari poros, jarum Milliners terutama digunakan untuk jahitan terbungkus yang merupakan bahan pokok dalam sulaman Brasil.


Memang, banyak dari jahitan ini biasanya ditemukan dalam bentuk sulaman lain, tetapi teknik yang digunakan untuk membuatnya adalah yang membuatnya unik dalam sulaman Brasil. Perbedaannya terletak pada metode pembuatan benang rayon.


Benang kapas, misalnya, menggunakan lilitan S ketika lapisan serat digabung menjadi untaian. Namun, benang Rayon menggunakan putaran Z di mana satu variasi putaran memutar serat searah jarum jam dan yang lainnya berlawanan arah jarum jam.



Saat membuat simpul bordir Brasil, penyulam harus membungkus benang ke jarum dengan arah yang berlawanan dari yang digunakan dalam gaya bordir lainnya. Jika tidak, serat benang akan terlepas, membuat jahitan ujung dan simpul terlihat tidak menarik.


____

Cat :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar