Minggu, 01 Oktober 2023

Seputar sulaman Sashiko Japan

 Seputar sulaman Sashiko Japan 



Sebuah bentuk sulaman rakyat Jepang, Sashiko menggunakan jahitan dasar untuk membuat latar belakang berpola. Kata Jepang Sashiko diterjemahkan menjadi “tikaman kecil”, yang merupakan indikasi jahitan kecil yang digunakan dalam jenis menjahit ini.



Sashiko awalnya berfungsi sebagai jenis penjeratan untuk memperbaiki atau menambah kekuatan pada bagian pakaian yang sobek atau aus, atau untuk menghasilkan mantel lapisan ganda yang diisolasi. Namun, kombinasi keindahan dan daya tahan ini membuatnya menjadi suatu bentuk seni, bukan sekadar jahitan fungsional.



Sangat populer dengan quilter, inspirasi desain sashiko tradisional sebagian besar berasal dari alam, terutama bentuk awan, riak air atau ombak, bunga, dan dedaunan. Desain juga bisa geometris yang menampilkan garis yang saling terkait (lurus atau melengkung). bintang, bujur sangkar, segitiga, dan lingkaran disusun dalam pola yang berulang.


Desain tessellating di mana bentuk berulang saling bertautan adalah tema yang sangat sering dalam bordir sashiko. Sashiko secara tradisional menggunakan kain berwarna nila dan benang sashiko putih.

____

Cat :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar