Jumat, 21 Juli 2023

Pakaian Tradisional Wanita Vietnam

  Macam Pakaian Tradisional Wanita Vietnam



1. Ao Dai Long Dress

Ao Dai adalah pakaian tradisional wanita Vietnam yang dikenakan sejak abad ke-18. Awalnya pakaian adat ini diberi nama Hue kemudian berganti nama menjadi Ao Dai.


Ao Dai adalah pakaian berlengan panjang dan berjenis long dress hingga mata kaki. Dengan mengenakan Ao Dai, seorang wanita Vietnam dipercaya akan menampilkan kecantikan sejati yang dimilikinya.



2. Ao Tu Than

Vietnam utara memiliki pakaian tradisional wanita bernama Ao Thu Than. Pakaian ini terbuat dari gaya tunik yang khas, terdiri dari empat bagian, dan dipadupadankan dengan rok panjang.


Selain itu, Ao Tu Than juga dikenakan dengan topi besar yang terbuat dari daun yang disebut Non Quai Thao. Biasanya pakaian ini dikenakan saat pertunjukan musik tradisional seperti Cheo dan Tuong



3. Ao Dai Dua Bagian

Di wilayah tengah dan selatan Vietnam, Ao Dai dipakai dengan model yang lebih sederhana. Ao Dai dari wilayah pusat ini terbuat dari tunik panjang yang hanya memiliki dua bagian.


Ao Dai dua bagian ini bisa dipadukan dengan celana longgar. Celananya bisa berwarna putih, hitam, ataupun warna-warna lainnya.


Ao Dai dua bagian ini biasa dipasangkan dengan topi yang berbentuk seperti kerucut yang disebut Non La. Non La biasa digunakan untuk melindungi dari hujan maupun panas. Topi ini dijual secara bebas di toko-toko suvenir Vietnam


Ao Dai dua bagian ini memiliki makna menutupi semuanya tetapi tidak menyembunyikan apa-apa. Ao Dai juga merepresentasikan kecantikan alami wanita Vietnam.



4. Ao Ba Ba

Ao Ba Ba adalah pakaian khas pendamping wanita Mekong Delta sejak jaman dahulu. Ao Ba Ba berupa kemeja yang menggambarkan kecantikan wanita pedesaan. Wanita pedesaan memiliki sifat ramah, natural, dan lembut.


Ao Ba Ba juga merupakan baju tanpa kerah yang bagian belakangnya terbuat dari selembar kain, di mana bagian depannya terdiri dari dua bagian, dan di bagian tengahnya terdapat dua tali pengikat dari atas ke bawah.


Ao Ba Ba sering dipadukan dengan celana panjang hitam atau putih.



5. Pakaian Adat Etnis Hmong

Hmong adalah etnis minoritas yang berada di Vietnam Utara. Mereka mengenakan pakaian tradisional yang terbuat dari tekstil dan tenun dengan warna yang cerah.


Pakaian tradisional Hmong memiliki ciri khas karena sulamannya dan dikenal sebagai paj ntaub atau kain bunga. Pakaian tradisional dibuat dengan detail dan susah payah, dengan rok lipat yang rumit.


_____

Cat : 

https://travel.detik.com/travel-news/d-5474327/mengenal-5-pakaian-tradisional-wanita-vietnam


PopCash.net PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork PopCash.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar