Minggu, 23 Juli 2023

Lamba Sebagai Pakaian Tradisional Madagaskar

 Lamba Sebagai Pakaian Tradisional Madagaskar



Lamba adalah pakaian tradisional yang dikenakan oleh pria dan wanita yang tinggal di Madagaskar . Tekstil, yang sangat melambangkan budaya Malagasi, terdiri dari kain persegi panjang yang melilit tubuh. 


Lamba tradisional yang digunakan untuk penguburan sering kali terbuat dari sutra dan kulit sapi, sedangkan lamba untuk pakaian sehari-hari lebih sering dibuat dari rafia , kulit babi, kapas atau kulit pohon . 



Warnanya beragam mulai dari kain tie-dye atau kain putih solid, hingga kain merah, putih, dan hitam bergaris yang ditemukan di sebagian besar bagian pulau, pola geometris dalam nuansa unik hijau dan coklat yang diproduksi oleh segelintir desa Sakalava, atau tenunan kompleks berwarna-warni cemerlang yang disukai oleh aristokrasi Merina pra - kolonial . 


Saat ini, adalah umum untuk menemukan lambas katun atau rayon cetak yang diproduksi di India untuk pasar Malagasi selain yang dibuat secara lokal. 


Selain digunakan sehari-hari sebagai pakaian pokok, lamba juga digunakan untuk mengikat anak di punggung ibu atau sebagai bantalan saat membawa benda berat di atas kepala. 



Lamba juga digunakan secara ritual untuk membungkus sisa-sisa orang mati sebelum menempatkannya di makam keluarga. Yang setelah upacara kemudian dibaringkan di atas orang mati untuk suatu tatanan penghormatan terhadap jiwa mereka.

______

Cat : Wikipedia 

PopCash.net PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork PopCash.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar