Senin, 24 Juli 2023

Pakaianel Tradisional Somalia

 Pakaianel Tradisional Somalia 



Dirac (lihat Baati untuk pakaian rumah) adalah pakaian Somalia yang dikenakan oleh wanita Somalia yang panjang, biasanya sepanjang mata kaki .


*Jenis


Bacwayne/half bac/bacyare dirac , dikenal sebagai dirac adalah salah satu yang paling umum dikenakan selama perayaan/acara khusus seperti pernikahan, pesta, festival, dll. 



Biasanya terbuat dari sifon, sutra (yang biasanya merupakan variasi paling tipis dari dirac) atau beludru (salah satu yang paling tidak tembus pandang), di antara banyak bahan lainnya.


 Itu selalu disertai dengan rok dalam sepanjang pergelangan kaki yang disebut gorgorad/googarad dan bungkus/selendang yang disebut garbasaar yang dikenakan longgar di sekitar kepala atau dengan rapi di satu bahu. Dirac juga bisa dibungkus dengan gaya Guntiino yang dikenal sebagai dirac guntiino.


Gaya dirac di atas tidak dikenakan oleh pengantin Somalia, melainkan mereka memakai variasi yang dikenal sebagai Bridal dirac , yang merupakan dirac bersulam dengan sabuk emas, bersama dengan garbasaar bersulam.


Baati/dirac shiid adalah variasi lain yang secara tradisional dikenakan sebagai pakaian rumah dan terbuat dari katun. Versi ini sangat populer di seluruh Afrika Timur karena perdagangan Somalia di negara-negara tersebut dan dipandang sebagai pakaian pokok.

____

Cat : Wikipedia 

PopCash.net PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork PopCash.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar