Sabtu, 26 Agustus 2023

Sekilas info Tenun Meisen Japan

 Sekilas info Tenun Meisen Japan 



Meisen  adalah jenis kain sutra yang diproduksi secara tradisional di Jepang ; tahan lama, berwajah keras, dan agak kaku, dengan sedikit kilap, dan sifat slubbiness sengaja ditekankan. 


Meisen pertama kali diproduksi pada akhir abad ke-19, dan menjadi populer secara luas pada tahun 1920-an dan 30-an (akhir periode Taishō hingga awal periode Showa ), ketika diproduksi secara massal dan siap untuk dijual. memakai kimono mulai dijual di Jepang. 


Meisen umumnya diwarnai dengan kasuri (bahasa Jepangteknik tenun ikat , dan menampilkan desain dan warna yang sangat modern dan non-tradisional Meisen tetap populer hingga tahun 1950-an. 



Serat yang digunakan untuk meisen adalah serat stapel (seringkali sutra noil ), dihilangkan getahnya dan diberi ukuran dengan susu kedelai, yang meningkatkan daya tahan dan meningkatkan kedalaman dan kecemerlangan warna pewarna. 


 Antara tahun 1910 dan 1925 (akhir periode Taishō hingga Shōwa), kemampuan untuk memintal serta menenun noil dengan mesin (lihat tsumugi ) dikembangkan menjadi produksi massal. 

 

Harga turun drastis, dan kain serta pakaian sutra tiba-tiba sesuai dengan anggaran sebagian besar orang Jepang  (yang sebelumnya memakai asa , serat kulit pohon peliharaan , atau kapas ; lihattanmono ).


_____

Cat :

PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork PopCash.net PopCash.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar