Senin, 11 September 2023

Sekilas info Saong sebagai penutup Kepala Wanita Suku Pakpak

 Sekilas info Saong sebagai penutup Kepala Wanita Suku Pakpak 



*Pemahaman Awal 


Batak Pakpak (Surat Batak: ᯂᯞᯂ᯲ᯅᯗᯂ᯲ᯇᯂ᯲ᯇᯂ᯲, transliterasi: Kalak Batak Pakpak) merupakan salah satu kelompok etnis Batak yang umumnya terdapat di Pulau Sumatra bagian utara. Orang Pakpak tersebar di beberapa wilayah di Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Aceh, yakni di Kabupaten Dairi, Kabupaten Pakpak Bharat, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Tapanuli Tengah, serta sebagian Kabupaten Aceh Singkil dan Kota Subulussalam.



*Pembagian


Etnis Batak Pakpak terdiri atas 5 sub-etnis, dalam istilah setempat sering disebut dengan istilah Pakpak Silima Suak yang terdiri dari:


Pakpak Klasen, berdomisili di wilayah Parlilitan yang masuk wilayah Kabupaten Humbang Hasundutan dan wilayah Manduamas yang merupakan bagian dari Kabupaten Tapanuli Tengah.


Pakpak Simsim, berdiam di Kabupaten Pakpak Bharat.


Pakpak Pegagan, bermukim di Sumbul dan sekitarnya di Kabupaten Dairi.


Pakpak Keppas, bermukim di Kota Sidikalang dan sekitarnya di Kabupaten Dairi.


Pakpak Boang, bermukim di Provinsi Aceh yaitu di Kabupaten Aceh Singkil dan Kota Subulussalam. Orang Pakpak menganggap suku Singkil sebagai Pakpak Boang, sedangkan orang Singkil menganggap mereka sebagai etnis tersendiri.



*Saong 


Suku Pakpak memiliki penutup kepala yang bernama saong. Mahkota ini memiliki bentuk yang mengerucut pada bagian belakang dengan rambu yang mengurai di dahi. 


Warna merah pada ornamennya melambangkan kekuatan dalam pekerjaan dan kehidupan, sedangkan warna hitam memberi makna kegagahan dan kebijakan, serta warna kuning keemasan yang menyimbolkan kekayaan Suku Pakpak dari hasil pertanian dan peternakan.

___

Cat :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar